+ -

Thursday 28 March 2013

Survey : Tampilan yang Menarik Hati Bagaimana Sih?


Berikut hasil survey online via Google Docs yang saya lakukan, semoga berguna atau dapat menjadi pertimbangan untuk membuat desain sebuah website yang bagus.

  1. Warna yang menarik untuk sebuah Situs Media Sosial?


    Dari Data tersebut dapat disimpulkan bahwa orang'' lebih suka warna website yang mendominasi warna biru.



  2. Apakah anda suka dengan posisi navigasi ( Status Online ) sebelah kiri halaman?

    Posisi navigasi yang di sukai orang adalah sebelah kiri halaman.( Dapat Menjadi referensi bagi yang ingin mendesain UI website


  3. Apakah anda suka konten website yang di buat di tengah - tengah ?

    Tampilan konten di tengah - tengah lebih di sukai, karena memang nyaman di lihat.


  4. Jika anda membuka suatu halaman Media Sosial, apakah anda selalu membuka dalam mode window Maximize?
  5. Apakah anda suka scrolling halaman ke samping pada halaman Start Windows 8 dan berikan alasan !


    Dari Data yang di peroleh, ternyata kebanyakan orang suka dengan metode scrolling tersebut. Selain keunikan, ada juga yang menyebutkan it's cool. Untuk pihak yang tidak suka saya rasa, karena ketidak kompatibelan perangkat komputernya terhadap Windows 8, karena alasannya adalah masalah repot menggeser - geser scroll bar dengan pointer mouse, hal ini terjadi karena scrolling di touchpad laptop nya driver nya belum di install atau memang tidak mendukung scrolling.

  6. Menurut anda bagaimanakah jika halaman setiap fitur website di pisahkan, seperti fitur chat, comment'', atu fitur lainnya ?

    Hasil survey menunjukkan, bahwa orang tidak suka dengan tampilan yang memisahkan semua fitur'' tersebut karena ketidak praktisan serta akan bayak mamakan waktu untuk membuka masing - masing fitur yang kita kita perlukan. Sehingga, sebaiknya untuk memdesain sebuah UI Website itu harus sebisa mungkin memadukan semua fitur yang dalam satu halaman.

  7. Bagaimanakan tampilan yang manarik menurut anda ?

    Untuk pertanyaan ini, ternyata para responden menginginkan tampilan yang sederhana / minimalis, warna yang tidak norak serta dengan segudang fitur di dalam nya. Sehingga harus di hindari tampilan website yang kompleks/ tidak friendly, jika tidak user akan merasa tidak nyaman dan pada akhirnya meninggalkan website yang kita buat dan mencari yang lain.

  8. Anda lebih suka tampilan mana antara Facebook dengan Twitter ?



    Responden yang telah melewati proses survei, mengatakan lebih suka tampilan facebook dikarenakan sudah terbiasa, notif yang jelas. Sedangkan untuk responden yang suka dengan twitter, adalah karena juga sudah terbiasa dengan tampilannya, serta karena tampilan twitter bisa di modifikasi.


    Sekian hasil survey online yang saya lakukan, semoga kedepannya dapat lebih kembangkan untuk tujuan yang lebih besar



~ Testimoni ~


Dengan melakukan survey online saya sangat senang, selain karena saya baru tahu dengan dengan fitur Google ini juga karena saya bisa memperoleh pendapat orang lain secara langsung tanpa harus bersusah - payah bertemu langsung ataupun mengirimi email/chatting satu - persatu. Selain itu, dengan metode ini kebanyakan orang - orang akan secara jujur mengisi form yang kita sediakan.

Untuk hasil survey nya sendiri yaitu untuk judul : "Tampilan yang Menarik Hati Bagaimana Sih?", saya sedikit terkejut melihat hasilnya yaitu para responden yang baik hati ternyata suka pada warna biru, dan putih. Rasa suka terhadap sesuau karena keterbiasaan. Misalnya dengan pertanyaan "Anda lebih suka tampilan mana antara Facebook dengan Twitter ?", para responden mengatakan lebih suka dengan Facebook karena sudah terbiasa, begitu juga dengan pengguna Twitter.

Selain itu, untuk masalah pendapat responden tentang "Bagaimana sebenarnya tampilan yang menairk itu?", pada inti nya kebanyakan menginnginkan tampilan yang sederhana/minimalis tetapi tetap dengan segudang fitur didalamnya. Demikian testimoni untuk survei pertama ini, semoga kedepannya dapat lebih di tingkatkan lagi. Dan kepada ibu, bimbingan atau pencerahannya sangat saya harapkan.

5 Anwar Pasaribu's Blog: Survey : Tampilan yang Menarik Hati Bagaimana Sih? Berikut hasil survey online via Google Docs yang saya lakukan, semoga berguna atau dapat menjadi pertimbangan untuk membuat desain sebuah w...

No comments:

Post a Comment

< >